-->

5 Cara Ampuh Meningkatkan Nilai BPK Pada Iklan Adsense

 

Seperti namanya, BPK adalah sebuah nilai yang menentukan harga yang diberikan oleh Google Adsense setiap kali terjadi klik valid yang dilakukan pengunjung terhadap iklan.


Nilai BPK yang diberikan pada setiap iklan berbeda-beda, tergantung dari besarnya bid yang diberikan oleh pengiklan. Ada pula algoritma khusus yang dimiliki Google Adsense yang berfungsi untuk menentukan pemberian harga iklan, yang tak lain adalah smartpricing.


Smart Pricing adalah fitur yang didisain untuk advertiser agar mereka tidak mengeluarkan biaya yang besar untuk klik iklan yang disangka tidak natural atau klik yang disengaja (tukar klik). Bagi seorang publisher, smartpricing dapat mendatangkan dampak negatif karena akan membuat nilai bid dari blog yang terkena menjadi rendah.


Di Indonesia sendiri, normalnya harga klik yang diberikan oleh Google terhadap setiap klik yang terjadi pada iklan dihargai berkisaran $0,03-$0,08 atau setara dengan 300 hingga 800 rupiah per klik iklan valid.


Jika nilai BPK lebih kecil daripada itu, maka dapat dikatakan bahwa publisher dengan blognya sedang terkena dampak smartpricing.


penyebab penghasilan adsense menurun.PNG

Contoh dampak dari adanya smartpricing​


cara meningkatkan cpc youtube cpc tertinggi meningkatkan cpc adsense youtube cara meningkatkan rpm youtube cpc tertinggi 2016 cara menaikkan rpm adsense cpc indonesia bayaran google adsense per klik cpc tertinggi 2016 cpc tertinggi youtube cara meningkatkan rpm adsense cpc pump indonesia cpc blog indonesia cpc adsense indonesia cpc international indonesia meningkatkan cpc blog indonesia bayaran per klik dari google adsense cara meningkatkan rpm adsense youtube cara menaikkan rpm adsense bayaran per klik google adsense biaya per klik google adsense harga per klik google adsense harga pay per klik google adsense berapa harga per klik google adsense


Namun bagi sebagian orang, walaupun blognya tidak terkena dampak smartpricing sekalipun, nilai BPK normal tidak terlalu dapat memuaskan publisher, terutama bagi mereka yang menggantungkan hidupnya dari Adsense.

Pasalnya, selain karena harga klik yang tidak begitu memuaskan, hanya ada sedikit pengunjung yang mau meluangkan waktunya untuk mengklik iklan, yang membuat penderitaan mereka (publisher) semakin menjadi-jadi.


Dengan melihat fakta inilah, banyak orang mulai mencoba untuk memaksimalkan penghasilan Adsense dengan berbagai cara, mulai dari mencari informasi tentang bagaimana cara meningkatkan RKT atau jumlah klik, meningkatkan harga klik, sampai melakukan kecurangan dengan melakukan blackhat Adsense untuk dapat meningkatkan penghasilan mereka hingga berkali-kali lipat.


[​IMG]

Ngiler? saya sarankan jangan terpancing hanya karena SS!

Mengesampingkan teknik blackhat Adsense yang menyimpan jutaan resiko, ternyata ada beberapa cara yang dapat Anda terapkan untuk meningkatkan penghasilan Adsense, dan salah satunya adalah melakukan optimasi untuk meningkatkan nilai BPK iklan.


Untuk selengkapnya, silahkan baca ulasan berikut ini terkait beberapa metode yang dapat dilakukan untuk meningkatkan BPK iklan Adsense:

1. Cekal iklan dengan harga rendah



Seperti yang saya sebutkan di awal postingan ini, setiap iklan memiliki harga yang berbeda-beda, ada yang memberikan bayaran tinggi, ada pula yang rendah, dan semua ini ditentukan oleh bid yang dipasang oleh pengiklan.


Sedikit informasi, setiap jaringan pengiklan, seperti Facebook Ads, Google Adword, dan tentunya Google Adsense membebaskan pengiklannya untuk memasang bid atau harga penawaran iklan. Sebagai ganti dari bid yang tinggi, iklan milik pengiklan akan semakin sering dan cepat iklan diedarkan kepada publik, sebaliknya, jika bid yang diberikan rendah, iklan akan tetap muncul, namun penyebarannya akan relatif lambat, seb mereka harus bersaing dengan pengiklan lain untuk memunculkan iklannya di situs-situs publisher.


cara jitu meningkatkan penghasilan google adsense dengan mengoptimalkan cpc.png ​


Dalam penyebaran iklan ini, Google Adsense juga membebaskan publisher untuk memilih iklan mana saja yang dapat ditampilkan di situs mereka.


Nah, jika Anda ingin meningkatkan harga klik, Anda dapat mengeliminasi iklan dengan harga rendah dan menyisakan iklan dengan bayaran tinggi saja.


Untuk melakukan hal tersebut, Anda cukup memblokir/mencekal advertiser yang menyediakan iklan dengan harga murah melalui dashboard Google Adsense atau menggunakan bantuan browser add-ons bernama Google Publisher Toolbar.


cara meningkatkan ctr cpc jumlah klik adsense google 1.JPG

Contoh pemantauan BPK Adsense menggunakan Google Adsense Publisher Toolsbar.

Pada screenshoot diatas, terlihat bahwa iklan milik lazada.co.id hanya dihargai seharga $0,01 saja per kliknya.

Ketika ingin memblokir iklan ini, saya sarankan untuk memblokir iklan yang Anda pikir menggangu (karena sedikitnya pendapatan yang didapat). Kalau saya sendiri, sampai saat ini saya tetap memblokir iklan dengan BPK kurang dari Rp.600, sehingga setiap kali ada pengunjung mengklik iklan di situs saya, Rp.700 sudah pasti masuk ke kantong


Oh iya, perlu saya ingatkan kepada Anda agar jangan terlalu bernafsu dalam memblokir iklan, sebab jika Anda memblokir iklan terlalu banyak, itu akan membuat iklan Adsense jarang, bahkan tidak tampil di situs Anda.


2. Membuat blog bule



Beda negara, beda hasil, itulah hal yang berlaku di Adsense.


Salah satu cara yang paling jitu untuk dapat mendapatkan BPK/CPC dengan bayaran tinggi adalah dengan mendapatkan pengunjung yang berasal dari luar negeri.


Mau percaya atau tidak, jika ada pengunjung yang berasal dari United States (US), BPK dengan bayaran hingga $1-$2 atau sekitar 13,000-26,000 per klik adalah hal yang tidak mustahil untuk dirasakan, disaat bersamaan, nilai ini sangat berbanding terbalik dengan BPK Indonesia yang terbilang sangatlah kecil.


cara jitu meningkatkan penghasilan google adsense dengan mengoptimalkan cpc 34.jpg

Laporan performa Google Adsense dengan filter berdasarkan Negara

Di screenshoot diatas, diperlihatkan bahwa Amerika Serikat adalah negara dengan nilai CPC terbesar, diikuti dengan Sweeden dan Australia di posisi 2 & 3. ​


Namun sesuai dengan hasil yang didapat, usaha yang diperlukan untuk membangun dan membuat blog bule tidaklah segampang mendapatkan traffic lokal, selain karena alasan kemampuan berbahasa menggunakan bahasa asing yang masih kurang, tingkat persaingan blog bule berada di level yang jauh berbeda jika dibandingkan dengan blog bule.


Namun jika Anda ngebet mendapatkan cpc tinggi dengan blog bule, masih ada banyak cara untuk mendapatkan visitor bule, salah satunya adalah mempromosikan blog di grup social media para bule.


Dengan begitu, tanpa perlu waktu lama untuk membangun blog agar muncul di mesin pencari, Anda akan tetap mendapatkan visitor bule, bahkan dalam jumlah besar dengan waktu yang relatif singkat.


3. Tingkatkan visibilitas iklan



Berdasarkan pengalaman saya, semakin tinggi visibilitas iklan, maka semakin tinggi pula CPC yang diberikan sistem Google terhadap setiap iklan yang memiliki visibilitas tinggi.


Visibilitas yang saya maksud disini adalah persentase keterlihatan iklan dimata pengunjung. Persentase visibilitas iklan ini akan meningkat jika durasi pengunjung melihat iklan yang terpasang di blog lebih lama atau panjang.


Untuk melihat berapa nilai visibilitas iklan di blog, Anda dapat mengeceknya langsung di laporan performa dashboard Adsense. Visibilitas iklan akan ditandai dengan nama "Tampilan Aktif Terlihat" atau "Active View Viewable" dan nilainya akan ditampilkan dengan satuan persen.


Saya pikir, mungkin Google Adsense akan suka jika iklan yang terpasang di suatu situs menjadi lebih terlihat dimata pengunjung, sebab itu akan mendatangkan keuntungan bagi pihak pengiklan karena iklannya lebih terlihat oleh publik. Maka dari itu, sistem Google Adsense akan berani memberikan BPK besar kepada situs yang memenuhi kriteria ini.


Selain mempengaruhi nilai BPK, visibilitas iklan ini juga akan mempengaruhi besarnya nilai RKT/CTR.


Hal ini wajar, karena jika iklan menjadi lebih terlihat dimata pengunjung, tak mengherankan jika jumlah klik yang terjadi juga akan ikut meningkat.


4. Memilih niche blog dengan bayaran mahal



Selain memiliki tingkat persaingan yang berbeda, niche blog juga menjadi salah satu faktor yang menentukan BPK Google Adsense.


Biasanya, niche blog dengan nilai BPK yang tinggi memiliki ke-relevan dengan jenis iklan yang paling sering muncul di Google Adsense, sebab pada saat penyebaran iklan, pengiklan akan bersaing dengan pengiklan lain dalam 'pengurutan' iklan mana yang ditampilkan terlebih dahulu ke situs publisher. Agar iklan semakin cepat tesebar, mereka harus memasang bid yang tinggi pada iklan, karena semakin tinggi bid, maka semakin besar pula prioritas iklan untuk disebarkan di situs publisher, begitupula sebaliknya.


Karena ada pengiklan yang menginginkan iklannya agar cepat terbesar, mereka terpaksa memasang bid yang tinggi pada iklan.


Saya sendiri pernah mendapatkan pengalaman ketika saya mengelola blog dengan niche kesehatan, yang merupakan salah satu niche dengan tingkat persaingan tersulit. Walaupun traffic masih rendah, pada saat mengelola blog kesehatan ini, saya mendapati diri saya mendapati BPK senilai $0,1 untuk setiap iklan yang dipasang di situs saya dan hal ini tidak hanya berlaku untuk satu hari saja, melainkan secara berkelanjutan (sampai sekarang masih tetap nilai BPK di nilai $0,1).


Tentu saja saya merasa senang, karena biasanya saya hanya mendapatkan BPK senilai $0,03-$0,07 saja saat mengelola blog dengan konten gado-gado.


Dengan melihat fakta inilah, saya menarik kesimpulan bahwa niche dapat mempengaruhi nilai BPK iklan Google Adsense.


5. Penempatan iklan



Seperti yang Anda tahu, penempatan iklan mungkin lebih familiar disebut sebagai cara untuk meningkatkan nilai RKT, atau persentase klik iklan oleh pengunjung. Namun mungkin hanya beberapa diantara kita yang menyadari bahwa penempatan iklan juga mempengaruhi nilai BPK...


cara meningkatkan cpc adsense meningkatkan cpc adsense meningkatkan harga klik adsense meningkatkan adsense cara menaikkan cpc adsense cara meningkatkan cpc google adsense meningkatkan cpc adsense youtube meningkatkan cpc adsense cara meningkatkan cpc adsense cara meningkatkan harga klik adsense meningkatkan adsense youtube meningkatkan penghasilan adsense meningkatkan ctr adsense meningkatkan earning adsense meningkatkan google adsense meningkatkan klik adsense meningkatkan rpm adsense tips meningkatkan adsense meningkatkan click adsense meningkatkan ctr google adsense meningkatkan revenue adsense cara meningkatkan bpk adsense cara meningkatkan adsense cara meningkatkan adsense youtube cara meningkatkan earning adsense cara meningkatkan earning adsense youtube meningkatkan pendapatan google adsense


Ketika publisher menempatkan iklan di bagian above the fold, atau dalam bahasa Indonesia dapat diterjemahkan sebagai 'halaman paruh atas', serta spot-spot yang memiliki 'peran penting' lainnya, maka sistem Google akan memberikan iklan dengan nilai BPK yang relatif lebih besar sebagai ganti dari memberikan penempatan yang baik terhadap iklan di blog.


Poin ini memang memiliki kesamaan dengan poin ke-3 pada artikel ini, dimana ketika visibilitas iklan meningkat, maka nilai BPK pada iklan di situs akan ikut ditingkatkan.


Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "5 Cara Ampuh Meningkatkan Nilai BPK Pada Iklan Adsense"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel