-->

Pengertian CMS (Content Management System) Beserta Fungsinya


Hallo sobat ctt kembali lagi dengan saya Zukiciki orang paling gans dan menawan sedunia. Dunia maya ya bukan dunia nyata. 

Dan pada kesempatan kali ini saya akan menjabarkan pengertian CMS (Content Management System) beserta cara pengaplikasikannya.

Content Management System atau yang sering disebut CMS adalah sebuah software atau aplikasi website yang memiliki tujuan untuk memudahkan pengelolaan (edit, upload, menambahkan, dll) konten dalam sebuah blog website atau aplikasi web tanpa harus di bekali dengan pengetahuan bahasa pemrogrman dan hal – hal yang bersifat teknis.


Maka dari itu dengan adanya CMS, orang awampun dapat membuat sebuah blog atau website yang langsung jadi dan para pengguna hanya mengelola isi konten dari website tersebut tanpa adanya campur tangan dari webmaster. Selain itu, manajemen file – fie dalam CMS sangat terstruktur, setiap bagian antara isi dan tampilan desain terpisah.


CMS sangatlah fleksibel, membuat sebuah CMS banyak di kembangkan oleh banyak pihak lain, apalagi jika sebuah CMS memiliki kemajuan yang sangat pesat dan terus mengalami perubahan atau update sistem secara berkala. Maka dari itu, para developer lebih memilih untuk mengembangkan aplikasi CMS daripada harus membuat sebuah aplikasi website yang baru.

CMS juga dapat di gunakan untuk membuat beragam jenis website seperti :


  1.     Website pribadi atau blog.
  2.     Website E-Commerce atau toko online.
  3.     Website bisnis, perusahaan, komunitas atau organisasi.
  4.     Website Portal.
  5.     Website Galeri Foto.
  6.     Dan lain sebagainya.


Seiring dengan perkembangan teknologi, CMS memiliki pekembangan  yang sangat pesat dan banyak sekali CMS yang bermunculan. CMS merupakan salah satu andalan untuk membangun sebuah blog  dalam dunia perbloggeran apalagi untuk para pemula, yang pada dasarnya tidak semua orang mengerti akan membuat blog dari nol, tetapi hanya dapat menulis isi atau konten dari blog tersebut. Maka dari itu, CMS sangatlah bermanfaat sekali.

Contoh CMS dan Penjelasannya


Lalu apa saja sih contoh dari CMS ?. Nah pada kesempatan kali ini mastekno akan memberikan beberapa contoh CMS yang banyak sekali di gunakan oleh banyak orang dan sebenarnya masih banyak lagi berbagai CMS yang ada di internet.


1. CMS WordPress


Jika anda sudah lama berkecimpung di dunia web dan blog, pastinya anda sudah tidak asing lagi dengan CMS WordPress, namun jika anda belum mengetahuinya CMS WordPress merupakan sebuah CMS yang di kategorikan ke dalam CMS jenis blog. Walau CMS sebenarnya adalah blog namun jangan salah sudah banyak developer developer yang ingin menjadikan dan menggunakan wordpress sebagai company profile atau profil perusahaan mereka, bahkan untuk bisnis online seperti membuat toko online. Selain user friendly, CMS WordPress juga mempunyai layanan dan fitur yang beragam. Selain itu, banyak sekali dukungan dari berbagai komunitas yang sudah menyebar luas.



2. CMS Joomla



CMS Joomla banyak sekali di gunakan untuk membuat sebuah website seperti website personal, website toko online, website company profile. Dengan CMS Joomla, anda dapat membangun sebuah website yang powerfull. Meskipun CMS WordPress juga powerfull, namun CMS Joomla lebih komleks dari CMS WordPress dan memiliki sistem manajemen yang lebih rumit di bandingkan dengan CMS WordPress.


 


3. CMS Drupal



Dengan menggunakan CMS Dupal, anda dapat membuat berbagai jenis halaman website mulai dari membuat sebuah blog yang sederhana sampai membuat sebuah forum online dengna komunitas yang besar. Walaupun desain CMS Drupal tidak sebagus CMS Joomla, namun memiliki kelebihan lain yaitu sangat mudah untuk di customize. Tidak hanya itu, CMS Drupal juga memiliki beberapa modul tambahan yang jarang ditemukan di beberapa CMS lainnya dan tentunya menarik, seperti untuk serach engine friendly URL dan search tool, dan agregator berita.


 


4. Aura CMS



Aura CMS merupakan sebuah CMS karya anak bangsa yaitu indonesia. Tetapi, Aura CMS masih banyak memiliki kekurangan di bandingkan dengan beberapa contoh CMS di atas, namun jika anda dapat mengembangkan Aura CMS, maka Aura CMS akan setara dengan beberapa contoh CMS yang sudah populer pada saat ini. Jika anda ingin mengetahui lebih lengkap tentang Aura CMS, anda dapat mengunjungi website Aura CMS langsung [di sini].


 


5. CMS Opencart



CMS Opencart merupakan sebuah CMS yang khusus di buat untuk membuat sebuah website toko online. Namun, banyak juga developer ataupun perorangan yang mwnggunakan CMS Opencart untuk membuat sebuah toko online milik pribadi. Fitur dalam CMS Opencart cukup lengkap karena memang di khususkan untuk E-Commerce. Tetapi kekurangan dari CMS Opencart yaitu dari sisi SEO, namun untuk memanajemen konten, CMS Opencart bisa di bilang cukup mudah. Jika anda ingin mengetahui lebih lengkap tentang CMS Opencart, anda dapat mengunjungi website CMS Opencart langsung [di sini].


 


6. CMS Prestashop



Seperti halnya CMS Opencart, CMS Prestashop juga di buat khusus untuk membuat sebuah website toko online dengan mudah. Jika anda ingin mengetahui lebih lengkap tentang CMS Prestashop, anda dapat mengunjungi website CMS Prestashop langsung [di sini].


 


7. CMS Moodle



Nama CMS Moodle mungkin masih asing di telinga anda. Karena CMS Moodle memang biasanya di gunakan oleh instansi sekolah. CMS Moodle merupakan sebuah CMS yang khusus di buat untuk aplikasi E-Learning. Fitur – fitur E-Learning dalam CMS Moodle sangatlah lengkap, mulai dari online test, forum, dan lain sebagainya. Namun, manajemen pada CMS Moodle sedikit agak rumit dan harus di perlukan pemahaman tentang cara penggunaanya. Jika anda ingin mengetahui lebih lengkap tentang CMS Moodle, anda dapat mengunjungi website CMS Moodle langsung [di sini].


 


Nah itulah artikel dari mastekno tentang pengertian dan contoh CMS lengkap. Jika anda ingin membangun sebuah website, pilihlah salah satu CMS yang sesuai dengan jenis website akan anda buat. Sebenarnya masih banyak lagi CMS lai yang sejenis dengan CMS di atas, tetapi mastekno hanya membahas beberapa CMS yang sering di gunakan oleh banyak orang, Cukup sekian artikel dari Saya kali ini, semoga bermanfaat.

tag: pengertian CMS, cara penginstalan CMS, fungsi CMS (Content Management System), Kegunaan CMS, Cara pengoprasian CMS.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian CMS (Content Management System) Beserta Fungsinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel